Sabtu, 24 Desember 2016

Surganya pantai menganti

Surganya Pantai Menganti

Pantai yang terletak di Kebumen sebelah barat ini merupakan surganya pantai. Lokasi pantai ini berada di Desa Karangduwur, kecamatan Ayah .Dengan karang yang bertebaran sepanjang pantai nenanbah keindahan pantai menganti begitupula dengan pasir putihnya.
Pantai menganti sendiri adalah sebuah pusat pelelangan ikan. Kita dapat menemukan jejeran kapal kapal yang bersandar.Selain itu Pantai menganti yang begitu indahnya kini juga dijadikan sebagai obyek wisata favorit.

Pada liburan kemaren, kebetulan orang tua suami saya tinggal di Karangtawang. Perbatasan antara cilacap dan kebumen maka dari itu kami sekeluarga bersama ketiga anak kami sempatkan mengunjungi pantai Menganti.
Lokasinya yang tidak jauh dari pantai logending ini memiliki jalan yang cukup terjal. Jalannany berkelok kelok serta berbukit. Bila mengendarai sepeda motor, harus dalam kondisi yang prima. Selain sepeda motor, kita juga dapat memanfaatkan bus atau mobil pribadi

 Banyak alternatif jalan menuju ke Pantai menganti, namun saya sarankan menggunakan yang tersingkat jaraknya yaitu menggunakan jalan dari arah Gombong ke arah Puring belok kanan lalu menuju Pantai Menganti, Disana sudah ada plank tandanya dan kita bisa mengikutinya

Selain keindahan alam laut dan pasir putih yang membentang, kita dapat nengunjungi menara mercusuar di pantai ini yang letaknya tepat berada di bagian atas bukit.Sebuah menara setinggi 20 meter yang didirikan pada jaman Belanda pada tahun 1912 an serta Tanjungkarangbata. Pemandangannya sungguh indah bahkan bisa dibilang surganya pantai menganti


Hamparan pasir putih hasil abrasi batu gamping serta jejeran pohon kelapa dan  sesekali burung lawet beterbangan sungguh menyejukkan mata  bila memandangnya Jika musim hujan tiba, tebing tebing sebelah barat pantai dihiasi dengan 4 air terjun yang mengucur dari ketinggian sekitar 30 meter. .Bila hendak pulang, sempatkan membeli ikan hasil tangkapan nelayan. Harganya cukup murah, namun bila kita hendak makan di area tersebut juga telah disediakan rumah makan serta penginapan yang berjejer.Sungguh surganya pantai, Ikan bakarnya sungguh mantap ditambah nasi hangat sesekali melihat hamparan air biru. Bukan  hanya itu saja, kita bisa membeli seafood dengan harga yang sangat murah langsung dari nelayannya.
Benar benar pantai yang masih asri dan dijaga kelestariannya oleh penduduk setempat. Saya sendiri yang sering berpetualang ke berbagai pantai di Jawa tengah menganggap pantai ini adalah pantai yang terindah dan pantas saya rekomendasikan bagi anda semua untuk mengunjunginya. Namun konon ada mitos yang beredar yaitu tidak diperkenankan pengunjung pantai memakai baju hijau gadung karena hal tersebut erat kaitannya dengan kehadiran sosok Nyi roro kidul.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar